Apa Itu Bajawa? Buat yang Penasaran, Berikut Informasi Ibukota Kabupaten Ngada Ini!

Bajawa adalah salah satu Kabupaten di Pulau Flores, Nusa Tenggara, Indonesia. Berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut, Bajawa lebih sejuk dibandingkan dataran pantai yang rendah.

Jangan lupa membawa jaket agar tetap hangat di malam hari. Sorotan di sini adalah desa tradisional Ngada di perbukitan yang mengelilingi kota dan Gunung Inerie besar yang mendominasi seluruh area.

Semua bus dari Labuan Bajo berhenti di sini semalam sebelum melanjutkan pagi, tapi lebih baik tinggal lebih lama untuk menikmati city tour. Pilihan termurah dari Labuan Bajo adalah bus Gemini (Rp 100.000) yang berangkat sekitar pukul 05.30. dari dermaga penyeberangan di Labuan Bajo;

Apa Itu Bajawa? Buat yang Penasaran, Berikut Informasi Ibukota Kabupaten Ngada Ini!
Foto: traverse.id

Penjemputan hotel gratis dapat diatur. Perjalanan panjang (12 jam) dan goyang dengan sedikit kenyamanan. Namun, pemandangan yang luar biasa serta keramahan para penumpang dan pejalan kaki melengkapinya.

Dari Ruteng ke Bajawa dengan van kecil atau Kijang harganya sekitar Rp 75.000-100.000 dan memakan waktu 4 jam. Temukan kendaraan di jalan. Mereka pasti tidak akan berhenti di depan hotel Anda di Bajawa.

Gunung Mas adalah perusahaan bus terbaik saat ini dan beroperasi antara Labuan Bajo dan Ende, dengan semua pemberhentian.

Ini harus dipesan jika memungkinkan karena ini hanya minibus kecil tetapi Anda mendapatkan cukup ruang dan tas Anda dapat diletakkan di dalam bus (di belakang).

Bus umum berhenti di persimpangan tempat sebuah bus menunggu untuk membawa Anda sejauh 2 km ke pusat kota. Anda mungkin diminta membayar Rp 5.000, meskipun kurang dari cukup.

Berjalan ke kota akan memakan waktu sekitar 15-20 menit. Ojek akan dikenakan biaya Rp 10.000, ini adalah pilihan tercepat dan terkadang satu-satunya pilihan jika Anda terlambat.

Terbang setiap hari 45 menit dari Labuan Bajo ke Soa (Bajawa) dengan Wings Air. Penerbangan ini sering terkena cuaca buruk karena ketinggian Soa/Bajawa. Tidak ada minibus di atau dekat bandara untuk pergi ke Bajawa.

Taksi bersama akan dikenai biaya Rp 60.000 per orang dan akan berangkat saat 4 kursi sudah penuh (mulai Januari 2020). Perjalanan taksi dari bandara Soa ke Bajawa memakan waktu sekitar 25 menit melalui jalan yang berkelok-kelok.

Komentar